Rabu, 26 April 2017

Pertemuan 2 Peranan Manajemen Dalam Proyek Sistem Informasi



Tugas Pertemuan 2
Peranan Manajemen Dalam Proyek Sistem Informasi

Nama   : Nadiyah Hidayati
NIM    : 12153892
Kelas   : 12.4A.35

·         Pengertian
            Manajemen proyek sistem informasi adalah proses pengelolaan proyek yang meliputi perencanaan, pengorganisasian dan pengaturan tugas-tugas serta sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai, dengan mempertimbangkan faktor-faktornya, terutama waktu dan biaya.
Dalam hal ini yang mengatur atau mengelola pembuatan sistem informasi dari awal hingga akhir ialah Proyek Manajer. Dimana proyek manajer inilah yang bertanggung jawab dan mengatur segala sesuatu tentang proyek yang dikerjakan. Seperti: mencari proyek, melakukan estimasi waktu dan biaya, memilih karyawan, dll.
Terdapat 4 dimensi pada pembuatan Sistem Informasi:
  1. Manusia, ialah orang yang mengerjakan atau membuat sistem informasi. Mulai dari proyek manajer, hingga programmer.
  2. Proses, tahap-tahap dimana proyek sistem informasi ini dikerjakan. Pada dimensi inilah dibutuhkan keterampilan seorang proyek manajer untuk mengatur segala sesuatunya agar sesuai dengan tujuan.
  3. Produk, ialah hasil dari proyek yang dikerjakan. Dalam hal ini sistem informasi.
  4. Teknologi, sesuatu yang terdapat pada produk. Hal ini dapat berkaitan dengan mutu atau kualitas dari sebuah proyek.
Secara sederhana, manajemen proyek sistem informasi bisa disusun dengan menjawab pertanyaan sbb:
  • Apakah yang harus dikerjakan?
  • Apa dan siapa yang harus menyelesaikan tugas-tugas yang ada?
  • Sampai kapan waktu yang tersedia?
  • Bagaimana pembiayaannya?
  • Apa yang terjadi apabila proyek terlambat selesai? Atau bahkan gagal?
Secara bertahap, manajemen proyek sistem informasi bisa dipilah menjadi beberapa fase proses, yaitu:
  1. Perencanaan dan penyusunan jadwal.
Adalah tahapan paling penting karena didalamnya terdapat proses penentuan tugas dan durasinya dan penentuan hubungannya dengan tugas-tugas lainnya.
  1. Pengelolaan perubahan.
Selama melaksanakan proyek, sering kali diperlukan penyesuaian antara rencana dengan kenyataan yang ada.
  1. Publikasi informasi proyek.
Beberapa Faktor yang mempengaruhi project management :
A. Struktur organisasi
Suatu proyek biasanya merupakan bagian dari suatu organisasi yang lebih besar. Struktur organisasi dari suatu perusahaan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan suatu proyek, karena tugas dan tanggung jawab dari anggota proyek dalam struktur organisasi yang berbeda adalah tidak sama.
Saat ini terdapat beberapa tipe struktur organisasi yang diterapkan dalam perusahaan, diantaranya adalah :
  1. Fungsional, dalam struktur ini tiap bagian dipimpin oleh manager fungsional yang membawahi beberapa staf. Suatu proyek biasanya diketuai oleh seorang manager fungsional yang anggotanya dapat diambil dari staf manager fungsional lainnya.
  2. Matrix, dalam struktur ini tiap bagian dipimpin oleh manager fungsional yang membawahi beberapa staf. Suatu proyek biasanya terdiri dari staf-staf dari beberapa manager fungsional yang berbeda dan dipimpin oleh salah seorang staff tersebut.
  3. Projectized, dalam struktur ini tiap bagian dipimpin oleh project manager yang langsung membawahi staf-staf yang menangani langsung suatu proyek.
B. General manager skill
Aspek ini sangat berpengaruh terhadap proyek karena kelangsungan dari proyek sangat tergantung dari skill manajer proyek untuk menangani aspek finansial, perencanaan, organisational dan aspek lainnya secara sinergis dan berkesinambungan.
Beberapa contoh management skill yang harus dimiliki oleh pemimpin proyek adalah:
  1. Kepemimpinan
  2. Komunikasi
  3. Negosiasi
  4. Pemecahan masalah
  5. Mempengaruhi organisasi
  6. Pemersatu
  7. Pengambil keputusan
C. Pengaruh Sosioekonomi
Faktor ini lebih tergantung kepada faktor eksternal organisasi karena dipengaruhi oleh pihak ketiga yang tidak dapat dikontrol oleh pelaksana proyek. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah:
  1. Standard dan regulasi yang berlaku
  2. Globalisasi
  3. Pengaruh budaya
  4. Kondisi perekonomian
  5. Stabilitas politik
 
 Gambar II.1 Project Management Process Groups
Proyek yang sukses ?
  • Pengalokasi waktu yang baik
  • Perencanaan & penggunaan dana
  • Kesesuaian performance yang diharapkan.
  • Dapat diterima oleh customer / user
  • Dengan sedikit atau dengan perubahan yang sama-sama disetujui
  • Tanpa gangguan thd pekerjaan utama
  • Tanpa ada perubahan kebijakan manajemen.
Sukses sebuah proyek bisa dicapai bila mengatasi beberapa masalah sbb :
  • Kompleksitas proyek
  • Permintaan customer yang khusus
  • Munculnya perubahan organisasi
  • Resiko proyek
  • Perubahan teknologi
  • Perencanaan kedepan khususnya berkaitan dengan harga
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar